FUNGSI MANAJEMEN

FungsiManajemen - Manajemen secara umum memiliki beberapa fungsi utama, antara lain: Fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi dan fungsi pengawasan. Berikut ini akan kita bahas masing-masing fungsi manajemen secara lebih lengkap:

 
1. Fungsi Perencanaan (Planning)

 Fungsi perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain tidak akan dapat berjalan dengan baik.

Berikut adalah merupakan kegiatan perencanaan

a. menetapkan tujuan perusahaan, baik jangka panjang maupun jangka pendek;

b. memformulasikan kebijakan bisnis, prosedur, dan programnya;

c. menyediakan metode pengawasan keuangan, termasuk penggunaan anggaran dan prosedur pengawasannya.


2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing and Staffing)

Fungsi Pengorganisasian merupakan proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.

Berikut kegiatan pengorganisasian

a. mengoordinasi dan menentukan sumber daya serta kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi;

b. perancangan dan pengembangan suatu organisasi kerja yang dapat mengarah ke tujuan organisasi;

c. penugasan tanggung jawab tertentu;

d. pendelegasian wewenang yang diperlukan kepada individu-individu agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan cara yang efisien dan efektif.



3. Fungsi Pengarahan (Leading)

Fungsi Pengarahan merupakan fungsi manajemen yang bersifat mengarahkan, memengaruhi orang lain, dan memberi motivasi orang tersebut agar bekerja dengan baik dan sesuai dengan tujuan organisasi.

 Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
- Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja    secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
- Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
- Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan


4. Fungsi Koordinasi (Coordinating)

Fungsi ini menyangkut pengintegrasian berbagai unit yang berbeda.



5. Fungsi Pengawasan (Controling)

Fungsi Pengawasan merupakan proses dalam menetapkan ukuran kinerja dan pengambilan tindakan.

Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian :
- Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
-  Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
-  Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
Previous
Next Post »
Thanks for your comment